Menurut orang kristen, Bibel adalah Kitab Suci berisi pengajaran Tuhan Yesus, yang dicatat oleh Rasul-Rasul Matius, Lukas, Yohanes dan Rasul Markus di bawah bimbingan Roh Kudus. Merekapun meyakini bahwa Bibel itu masih asli tanpa ada penambahan dan pengurangan sebagaimana yang dikatakan oleh bible sendiri (Wahyu 22:18)
Untuk menguji kebenaran pendapat mereka, mari kita ajukan beberapa criteria yang harus dimiliki oleh suatu kitab suci
1.Tidak ada pertentangan antara satu ayat dengan ayat yang lain
Jika memang Bibel sebagi Kitab Suci , maka Bibel tersebut harus terlepas dari kesalahan kesalahan Misalnya: Pada suatu saat ada orang mengabarkan pada saudara si A sakit, sedangkan orang lain memberitahukan bahwa pada saat itu si A tidak sakit. Di antara keduanya itu tentu salah satu yang benar atau keduanya salah dan mustahil kedua-duanya benar.karna ada perselisihan di antara keduanya.
Andaikata ada suatu kitab suci, akan tetapi ayat-ayat didalamnya diantara yang satu dengan yang lain terdapat perselisihan, apakah kitab itu akan dinamakan Kitab suci? tentu bukan kitab suci, karena yang dinamakan kitab suci itu adalah ilham (wahyu) dari Tuhan, yang mustahil terdapat kesalahan atau perselisihan, sehingga kesuciannya telah batal tentu isinya juga tidak dapat dipercaya, kesuciannya atau kebenarannya, karena diantara ayat-ayatnya terdapat perselisihan. Yang jelas diantara ayat-ayatnya pasti bukan dari Tuhan, atau sudah dicampur adukkan dengan karangan manusia, sehingga kesuciannya ternoda. Ringkasnya sudah tidak suci lagi.
Mari kita periksa bible lebih jauh
PERJANJIAN LAMA
Berapakah tentara berkuda tawanan Daud ?
a. 1.700 orang (II Samuel8: 4).
Daud menawan dari padanya seribu tujuh ratus orang pasukan berkuda dan dua puluh ribu orang pasukan berjalan kaki, lalu Daud menyuruh memotong urat keting segala kuda kereta, tetapi dengan meninggalkan seratus ekor kuda kereta.
b. 7.000 orang (I Tawarikh 18: 4).
Daud merebut dari padanya seribu kereta , tujuh ribu orang pasukan berkuda dan dua puluh ribu orang pasukan berjalan kaki, lalu Daud menyuruh memotong urat keting segala kuda kereta, tetapi dengan meninggalkan seratus ekor kuda kereta.
Berapa ekor kuda kereta yang dinuh Daud ?
a. 700 ekor (II Samuel 10: 18).
tetapi orang Aram itu lari dari hadapan orang Israel, dan Daud membunuh dari orang Aram itu tujuh ratus ekor kuda kereta dan empat puluh ribu orang pasukan berkuda. Sobakh, panglima tentara mereka, dilukainya sedemikian, hingga ia mati di sana.
b. 7.000 ekor (I Tawarikh 19: 18).
tetapi orang Aram itu lari dari hadapan orang Israel, dan Daud membunuh dari orang Aram itu tujuh ribu ekor kuda kereta dan empat puluh ribu orang pasukan berjalan kaki; juga Sofakh, panglima tentara itu, dibunuhnya.
Tuhan salah dalam batasan usia ?
a. Usia manusia hanya 120 tahun saja
Kejadian 6:4
Berfirmanlah TUHAN: “Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja.”
Berfirmanlah TUHAN: “Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja.”
b. Batasan usia dari Tuhan itu salah besar, karena banyak orang yang usianya melebihi 120 tahun.
- Adam berusia 930tahun
5:3
Setelah Adam hidup seratus tiga puluh tahun, ia memperanakkan seorang laki-laki menurut rupa dan gambarnya, lalu memberi nama Set kepadanya.
5:4
Umur Adam, setelah memperanakkan Set, delapan ratus tahun, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:5
Jadi Adam mencapai umur sembilan ratus tiga puluh tahun, lalu ia mati (Kejadian 5:3-5) - Set hidup selama 912 tahun (Kej. 5: 6-8),
- Enos hidup selama 905 tahun (Kej. 5: 9-11)
- Keenam hidup selama 910 tahun (Kej. 5: 12-14)
- Mahalaleel hidup selama 895 tahun (Kej. 5: 15-17)
- Yared hidup selama 962 tahun (Kej. 5: 18-20)
- Henokh hidup selama 365 tahun (Kej. 5: 21-23),
- Metusalah hidup selama 969 tahun (Kej. 5: 25-27)
- Lamekh hidup selama 777 tahun (Kej. 5: 28-32)
- Nuh hidup selama 950 tahun (Kej. 9: 29)
- Sem hidup selama 600 tahun (Kej. 11: 10-11),
- Arpakhsad hidup selama 438 tahun (Kej.l l: 12-13),
- Selah hidup selama 433 tahun (Kej. 11: 14-15),
- Eber hidup selama 464 tahun (Kej. 11: 16-17).
- Peleg hidup selama 239 tahun (Kej. 11: 18-19),
- Rehu hidup selama 239 tahun (Kej.11: 22-21),
- Serug hidup selama 230 tahun (Kej. 11: 24-25),
- Sara hidup selama 127 tahun (Kej. 23: 1-2),
- Ismael hidup selama 137 tahun (Kej. 25:17),
- Nahor hidup selama 148 tahun (Kej. 11: 24-25),
- Yakub hidup selama 147 tahun (Kej. 47: 28)
- Lewi hidup selama 137 tahun (Kej. 6: 15),
- Kehat hidup selama 133 tahun (Kej. 6: 19),
- Harun hidup selama 123 tahun (Bil 33: 39),
- Ayub hidup selama 140 tahun (Ayub. 42: 16-17)
Tuhan bisa dilihat atau tidak ?
- Tuhan tidak bisa dilihat dan didengar (Yohanes 5: 37, I Timotius 1: 17, I Timotius 6: 16, Keluaran 33: 20, I Yohanes 4: 12).
- Tuhan bisa dilihat dengan mata kepala (Keluaran 33: 11), Kejadian 18: 1, Yohanes 5: 37), Keluaran 33: 20; I Timotius 6: 16, I Timotius 1: 17, I Yohanes 4: 12, Kejadian 26: 24).
- Tuhan kelihatan kaki-Nya (Keluaran 24: 9-10).
- Tuhan kelihatan sedang duduk (Yesaya 6: 1).
- Tuhan bisa dilihat dari jauh (Yeremia 31: 3).
PERJANJIAN BARU
Kesaksian Yesus tentang dirinya, benar atau salah ?
a. Tidak benar (Yohanes 5: 31).
“Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka kesaksian-Ku itu tidak benar;”
b. Benar (Yohanes 8: 14).
Jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: “Biarpun Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, namun kesaksian-Ku itu benar, sebab Aku tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. Tetapi kamu tidak tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi.
Bolehkah membawa tongkat dan kasut dalam perjalanan ?
a. Ya, boleh ! (Markus 6: 8-9).
dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan.
boleh memakai alas kaki, tetapi jangan memakai dua baju.
b. Tidak, tidak boleh!! (Matius 10: 10).
Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya.
Lukas 9: 3
kata-Nya kepada mereka: “Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju.
Jam berapa Yesus disalibkan ?
a. Jam sembilan (Markus 15: 25).
“Penyaliban-Nya itu terjadi pada pukul sembilan pagi.”
b. Jam 12 Yesus belum disalibkan (Yohanes 19: 14).
“Waktu itu hampir pukul dua belas siang, hari sebelum Hari Raya Paskah. Pilatus berkata kepada orang-orang itu, “Ini rajamu!”
Sebenarnya masih ada ratusan lagi daftar kontradiksi dalam Perjanjian Lama maupun perjanjian Baru, lebih lengkap silahkan baca Index Rahasia Bibel
Jika demikian, akan muncul pertanyaan, mana yang benar dari ayat yang bertentangan di atas? Mungkinkah semuanya benar? Ini pasti tidak mungkin, jika demikian, kemana Roh Kudus yang membimbing mereka? Apakah benar mereka di bimbung oleh roh kudus?
2.Tidak boleh ada penambahan ayat satu kata pun
apakah dalam bibel tidak ada penambahan ayat?
berikut sebagian kecil dari deretan bukti adanya penambahan dalam bibel
Penambahan Injil Markus 17:16
[Barangsiapa bertelinga untuk mendengar hendaklah ia mendengar!]
Bibel terbitan LAI (Lembaga Alkitab Indonesia) Memberi tanda kurung pada ayat tersebut. Lembaga Liblika Indonsia (LBI) di samping memberi tanda kurung juga memberi catatan : “ ayat 16 kebanyakan nash tidak memuat ayat ini, sehingga tidak asli dalam mark
( LBI, kitab Suci Perjanjian Baru , Percetakan Arnoldus Ende, 1978/1979, hal 109)
Penambahan Injil Markus 9:44 dan 9 : 46
[di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.] ( Markus 9:44)
[di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.] ( Markus 9:46)
Alkitab terbitan LAI memberi kurung pada kedua ayat tersebut. LBI disamping memberi kurung juga memberi catatan :
“ayat 44 dan 46 kedua ayat ini tidak terdapat dalam naskah naskah paling baik dan hanya merupakan ulangan dari ayat 48. kedia ayat diatas pasti tidak asli
The five Gospel membuang habis seluruh ayat tersebut bahkan setelah ayat 43 langsung melompat ke ayat 45, lalu langsung melompat ke ayat 47
(Robert W. Frunk, Roy W. hoover and the Jesus seminar, “The five gospels, The search of the authentic Word of Jesus, Macmillan Publising Company New York 1993, hal 86)
Penambahan ayat Keluaran (2 : 10-14)
Baca dan renungkan ayat berikut ini
Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu.
Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.
Ada suatu sungai mengalir dari Eden untuk membasahi taman itu, dan dari situ sungai itu terbagi menjadi empat cabang.
Yang pertama, namanya Pison, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Hawila, tempat emas ada.
Dan emas dari negeri itu baik; di sana ada damar bedolah dan batu krisopras.
Nama sungai yang kedua ialah Gihon, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Kush.
Nama sungai yang ketiga ialah Tigris, yakni yang mengalir di sebelah timur Asyur. Dan sungai yang keempat ialah Efrat.
TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.
Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,
tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.”
Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.
Ada suatu sungai mengalir dari Eden untuk membasahi taman itu, dan dari situ sungai itu terbagi menjadi empat cabang.
Yang pertama, namanya Pison, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Hawila, tempat emas ada.
Dan emas dari negeri itu baik; di sana ada damar bedolah dan batu krisopras.
Nama sungai yang kedua ialah Gihon, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Kush.
Nama sungai yang ketiga ialah Tigris, yakni yang mengalir di sebelah timur Asyur. Dan sungai yang keempat ialah Efrat.
TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.
Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,
tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.”
Sekarang yang berwarna merah saya hilangkan, bandingkan dengan di atas, niscaya kita akan merasakan kesinambungancerita penciptaan Eden
Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu.
Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.
TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.
Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,
tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.”
Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.
TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.
Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,
tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.”
Sekarang mari kita dengar penjelasan dari LAI mengenai ayat yang berwarna merah (ayat 10-14) ini :
“ayat 10-14 merupa sisipan yang harus di beri kurung. Sisipan itu mungkin sekali di di masukkan oleh Yahwistha sendiri yang memanfaatkan pikiran kuno mengenai bentuk bumi. Pengarang hanya mau berkata bahwa sungai sungai yang besar berperan sebai “pembuluh vital” ke empat bagian bumi semua mempunyai sumbernya diatas firdaus. Tidak mengherankan bahwa geografi dalam ayat ayat ini agak kabur. Sungai Efurat dan Tigris memang di kenal di kenal baik oleh ilmu bumi. Kedua sungai ini bersumber di pegunungan Armenia. Tetapi tentang sungai Pison dan Gihon tidak di ketahu apa apa. Menurut kejadian 10:29 Hawila tidak tahu apa apa. Menurut kejadian10:29 Hawila adalah sebuah daerah di negri Arab. Kusy biasanya sama dengan Etiopia. Namun tidak pasti juga bahwa disini kedua nama itu harus di mengerti menurut artinya yang lazim ( LBI, kitab suci perjanjian lama, percetakan Arnoldus Ende, 1980/1981, hal 30
3.Tidak Boleh terdapat kata kata cabul,
Tuhan yang maha suci tidak mungkin mengatakan atau mengajrkan hal hal berbau cabul,
Apakah di bibel ada ayat cabul/porno?
1. Yehezkiel
23:1 Datanglah firman TUHAN kepadaku:
23:2 “Hai anak manusia, ada dua orang perempuan, anak dari satu ibu.
23:3 Mereka bersundal di Mesir, mereka bersundal pada masa mudanya; di sana susunya dijamah-jamah dan dada keperawanannya dipegang-pegang.
23:2 “Hai anak manusia, ada dua orang perempuan, anak dari satu ibu.
23:3 Mereka bersundal di Mesir, mereka bersundal pada masa mudanya; di sana susunya dijamah-jamah dan dada keperawanannya dipegang-pegang.
2.Yehezkiel 16: 22-38, ayat porno yang bugil-bugil. “….Waktu engkau telanjang bugil sambil menendangnendang dengan kakimu….(ay. 22). “….. dan menjual kecatikanmu menjadi kekejian dengan meregangkan kedua pahamu bagi setiap orang yang lewat, sehingga persundalanmu bertambah-tambah” (ay. 25. “Engkau bersundal dengan orang Mesir, tetanggamu, si aurat besar itu…..”(ay. 26). “engkau bersundal juga dengan orang Asyur, oleh karena engkau belum merasa puas ya, engkau bersundal dengan mereka, tetapi masih belum puas” (ay. 28) . “Betapa besar hawa nafsumu itu, demikianlah firman Tuhan ALLAH” (ay. 30). “….engkau yang memberi hadiah umpan kepada semua yang mecintai engkau sebagai bujukan, supaya mereka dari sekitarmu datang kepadamu untuk bersundal” (ay. 33). “….. Aku akan menyingkap auratmu di hadapan mereka, sehingga mereka melihat seluruh kemaluanmu: (ay. 37).
3.Kidung Agung
7:6 Betapa cantik, betapa jelita engkau, hai tercinta di antara segala yang disenangi.
7:7 Sosok tubuhmu seumpama pohon korma dan buah dadamu gugusannya.
7:8 Kataku: “Aku ingin memanjat pohon korma itu dan memegang gugusan-gugusannya Kiranya buah dadamu seperti gugusan anggur dan nafas hidungmu seperti buah apel.
7:9 Kata-katamu manis bagaikan anggur!” Ya, anggur itu mengalir kepada kekasihku dengan tak putus-putusnya, melimpah ke bibir orang-orang yang sedang tidur!
7:10 Kepunyaan kekasihku aku, kepadaku gairahnya tertuju.
7:11 Mari, kekasihku, kita pergi ke padang, bermalam di antara bunga-bunga pacar!
7:12 Mari, kita pergi pagi-pagi ke kebun anggur dan melihat apakah pohon anggur sudah berkuncup, apakah sudah mekar bunganya, apakah pohon-pohon delima sudah berbunga! Di sanalah aku akan memberikan cintaku kepadamu!
7:7 Sosok tubuhmu seumpama pohon korma dan buah dadamu gugusannya.
7:8 Kataku: “Aku ingin memanjat pohon korma itu dan memegang gugusan-gugusannya Kiranya buah dadamu seperti gugusan anggur dan nafas hidungmu seperti buah apel.
7:9 Kata-katamu manis bagaikan anggur!” Ya, anggur itu mengalir kepada kekasihku dengan tak putus-putusnya, melimpah ke bibir orang-orang yang sedang tidur!
7:10 Kepunyaan kekasihku aku, kepadaku gairahnya tertuju.
7:11 Mari, kekasihku, kita pergi ke padang, bermalam di antara bunga-bunga pacar!
7:12 Mari, kita pergi pagi-pagi ke kebun anggur dan melihat apakah pohon anggur sudah berkuncup, apakah sudah mekar bunganya, apakah pohon-pohon delima sudah berbunga! Di sanalah aku akan memberikan cintaku kepadamu!
Untuk melihat lebih jauh, silahkan baca MANAKAH YANG PORNO
4.Harus rasional
apakah bibel rasional?
Berikut sedikit contoh ayat yang tidk rasional
Anak lebih tua 2 tahun daripada ayahnya.
II Tawarikh 21: 5, 20, Yoram berusia 32 tahun pada waktu jadi raja dan memerintah Yerusalem selama 8 tahun lalu meninggal (pada usia 40 tahun). II Tawarikh 22: 1-2, Setelah Yoram meninggal, dia digantikan Aharia, anaknya pada usia 42 tahun. Jadi, Ahazia lebih tua 2 tahun daripada ayahnya.
Tuhan salah hitung.
Kejadian 46: 8-15, disebutkan daftar nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir berjumlah 34 nama. Padahal pada ayat 15 disebutkan. Jadi seluruhnya, laki-laki dan perempuan, berjumlah 33 jiwa”. Pakai Tuhan tidak pandai berhitung ??
Demikian beberapa kriteria yang saya gunakan untuk menguji ke apakah bibel itu benar2 firman Allah atau bukan, dan ternyaata Bibel tidak lolos, hal ini menjadi bukti bahwa Bibel hanya kumpulan cerita yang di tulis dan di kumpulkan oleh penulis injil yang dia dapat dari informasi yang beredar di masyarakat, mana kebenarannya belum bisa di pertanggung jawabkan, mari kita lihat pengakua Lukas sendiri
1:1 | Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita, | |
1:2 | seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman. | |
1:3 | Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu, |
dari ayat tersebut dapat di ketahu bahwa Lukas menulis injil bukan dari yesus langsung, akan tetapi dia mengumpulkan cerita dan membukukannya, sehingga sangat wajar jika terdapat banyak pertentangan satu dengan yang lain nya
Sebagai penutup mari kita simak ulasan berikut ini
Menurut hasil penelitian 72 pakar Al kitab caliber international ayang tergabung dalam “The Jesus Seminar” menyatakan :
“Eighty-two percent of the word ascribed to Jesus in the Gospels were not actually spoken Him”
(82% kalimat yang katanya di ucapkan oleh Yesus di dalam Alkitab-Alkitab injil sebenarnya ridak pernah di sabdakan oleh Yesus)*
* (Robert W. Frunk, Roy W. hoover and the Jesus seminar, “The five gospels, The search of the authentic Word of Jesus, Macmillan Publising Company New York 1993, hal 5)
by : Masyhud SM