Senin, 02 April 2012

KETUHANAN YANG ADIL DAN BERADAB

untitledTahukah anda dimana letak keadilan Tuhan?. Kita tahu bahwa manusia dilahirkan dari latar belakang yang berbeda. Ada yang dilahirkan dari keluarga kaya dan ada yang dilahirkan dari keluarga miskin. Ada yang dilahirkan dengan tubuh sempurna dan ada yang dilahirkan dengan tubuh cacat. Ada yang hidupnya serba enak dan ada yang hidupnya serba kekurangan.
 
Dan dari latar belakang kehidupan itulah komentar tentang Tuhan banyak sekali ragamnya. Ada yang bilang Tuhan tidak adil dan ada yang bilang Tuhan adil dan lain sebagainya. Mungkin orang yang hidupnya serba menyenangkan akan bilang bahwa Tuhan itu adil. Tapi ternyata ada juga orang yang hidupnya serba berkecukupan mengatakan Tuhan tidak adil. Itu semua terjadi karena letak keadilan Tuhan ditentukan secara subyektif oleh manusia. Sebenarnya jika anda tahu, letak keadilan Tuhan itu terletak pada Ibadah (misalnya shalat), juga ibadah yang lain seperti bersedekah, membantu orang dan lain-lain. Tetapi ibadah (Shalat) adalah yang utama. Mengapa keadilan Tuhan terletak pada usaha manusia untuk beribadah kepada-Nya.  
 
Pertama, karena hidup seseorang didunia itu ujung-ujungnya kalau tidak neraka ya surga. Dan untuk menuju ke neraka atau surga itu ditentukan oleh amal ibadah kita. Apapun yang kita lakukan di dunia dimata Tuhan tidak ada artinya, kecuali ditujukan untuk beribadah kepada-Nya. Kedua, untuk beribadah tidak diperlukan biaya (ibadah utama seperti shalat-bukan haji). Dan untuk beribadah semua manusia mempunyai awal yang sama. Baik anda miskin atau kaya, tampan atau jelek, ibadah dilakukan dalam waktu yang sama (sejak baligh/dewasa). Maksudnya, jika anda bersaing untuk mendapatkan kedudukan atau mendapatkan sesuatu dengan teman, pasti anda dan teman anda memiliki persiapan yang beda. Bisa saja teman anda yang lebih kaya lebih siap secara materi dan perlengkapan dan bisa dipastikan dialah yang akan menang. Tetapi untuk berlomba dalam beribadah, anda dan teman anda memiliki persiapan yang sama.  Karena ibadah itu pada dasarnya gratis tanpa modal. Yang penting niat untuk beribadah. Dan jika anda dengan teman anda memiliki skor yang sama anda akan bisa menempati posisi (surga) secara bersamaan tanpa berebut. Beda dengan jabatan di dunia yang lebih terbatas. Karena Surga itu seluas langit dan bumi. Tuhan membuka luas-luas surga bagi mereka-mereka yang ingin beribadah kepada-Nya. Dan untuk menuju surga hanya diperlukan niat untuk beribadah. Disinilah letak keadilan Tuhan.
By Wedul Sherenian